Sabtu, 19 April 2014

International Trade Nowadays



        Pada saat ini setiap negara pasti melakukan interaksi perekonomian (perdagangan) dengan negara yang lainnya. Karena setiap kebutuhan negara berbeda-beda dan tidak semua kebutuhan suatu negara itu ada di negaranya sendiri. Dengan adanya proses perdagangan antar negara pasti ada hal mendasar yang mengatur proses itu. Misalnya struktur atau cara pandang.
Menurut saya sendiri sistem perdagangan internasional sekarang ini lebih cenderung ke Neoliberalis. Kenapa ? Pertama, dalam sistem ekonomi liberal individu diberi kebebasan dalam memilikki perusahaannya sendiri dan pemerintah tidak boleh ikut campur tangan dalam perusahaan milik individu itu. Menurut saya sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan milik sendiri dan tidak sedikit dari banyak perusahaan itu yang sukses misalnya mempunyai banyak cabang di suatu negara atau bahkan karena efek globalisasi perusahaan individu itu bisa membuka cabang di negara lain. Misalnya coca-cola, sony, nokia, dan sebagainya.
Yang kedua karena sekarang ini sedang maraknya free trade di regional-regional tertentu misalnya AFTA yang bertujuan menciptakan perdagangan bebas di seluruh kawasan ASEAN, APEC sebagai kawasan perdagangan dan investasi bebas dan terbuka di kawasan Asia Pasifik dan ada juga WTO yang menangani dan memfasilitasi lalu lintas perdagangan serta mengatasi perselisihan antar negara di dunia.
Selain itu dengan adanya sistem ini masyarakat juga terbagi menajdi dua golongan yaitu golongan pemilik (pemilik modal/perusahaan) dan golongan pekerja (buruh). Dan golongan ini memang benar-benar ada di kehidupan sekarang ini. Terjadinya hirarki yang menyebabkan tingkatan antar golongan tersebut.
Jadi, kesimpulannya menurut saya sistem perdagangan internasional sekarang ini lebih ke neoliberalisme karena sistemnya yang memperbolehkan individu memilikki modal sendiri, perdagangan bebas, dan terjadinya golongan pemilik modal dan golongan pekerja. Dan ada juga yang mengatakan dengan adanya sistem neoliberalis ini yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Menurut saya kalimat itu benar jika melihat kondisi negara-negara sekarang ini.

SITI AMALIAH
1701352820 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar