Selasa, 22 April 2014

International Trade Nowadays


            Perdagangan internasional ini adalah hasil dari globalisasi, kita dapat memiliki dan menggunakan barang-barang baik itu elektronik, otomotif, pakaian, dan bahkan bahan makanan dengan merk yang sama dengan orang-orang di negara lain. Kita dapat merasakan makanan dari negara lain, dan negara lainpun dapat merasakan rasa dari makanan negara kita. Trade dilakukan oleh semua negara untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan para warga negaranya, dan bahkan sekarang banyak sekali orang asing yang bekerja ataupun menanamkan modalnya di negara kita. Karena masing-masing negara memiliki kebutuhan-kebutuhan yang berbeda, dan terkadang kebutuhan itu sangatlah penting sehingga membuat banyak negara saling membutuhkan satu sama lain.

Menurut saya, perdagangan internasional adalah liberalis, karena liberal sangatlah menjunjung tinggi hak-hak individu, dan perdagangan internasional sangatlah menjaga dan juga menjunjung tinggi hak-hak individu. Sehingga individu dapat dengan aktif meng ekspresikan dirinya dalam bidang ekonomi tanpa campur tangan langsung dari pemerintah, walau pihak individu jugapun harus menghormati dan mengikuti aturan dan undang-undang yang berlaku dalam bertindak.

Memang banyak yang berfikir bahwa perdagangan internasional menciptakan jurang pemisah yang sangat besar antara individu yang memiliki modal atau factory yang biasa disebut borjuis, dengan individu yang bekerja untuk perusahaan atau factory itu yaitu kaum buruh. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa dengan banyaknya perusahaan asing dan pabrik-pabrik dari luar negeri yang ditempatkan di Indonesia, telah membuat banyak orang yang awalnya pengangguran atau hidupnya lebih susah dapat hidup lebih layak atau setidaknya lebih manusiawi. Memang tidak sedikit perusahaan dan pabrik yang memperkejakan buruh layaknya budak, tapi dengan begitu para kaum buruh dapat berusaha lebih giat agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang lebih baik atau keterampilan yang lebih bagus, agar anak-anak mereka setidaknya tidak merasakan susahnya hidup orang tua mereka.

Tidak sedikit juga orang-orang Indonesia yang dapat menggunakan perdagangan internasional secara cerdik dan tekun sehingga membuat mereka dapat Go International, baik mereka bekerja diluar negeri ataupun dapat memperluas usaha-usaha mereka sampai ke negara-negara asing. Karena dengan adanya perdagangan internasional, banyak negara-negara yang dengan senang hati menerima orang-orang asing yang ingin bekerja dan meramaikan ekonomi di negara mereka.

Mohammad Adityo Poernomo
1701352474

Tidak ada komentar:

Posting Komentar